Mengoptimalkan Penggunaan RAM Pada Android


Smartphone seperti Android sebenernya memiliki cara kerja mirip dengan komputer. Pada saat digunakan smartphone tersebut butuh RAM untuk segala aktivitasnya. Dan kalau terlalu banyak digunakan RAM tersebut bisa cepat penuh sehingga kinerja Androidpun jadi payah.
Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mengoptimalkan kinerja dari RAM android ini, dengan memperbaiki cara pemakaian ataupun dengan aplikasi-aplikasi tambahan. Berikut beberapa yang penting





  • Mematikan Koneksi Nirkabel

Koneksi Nirkabel seperti Wi-fi atau Bluetooth lumayan memakan RAM karena akan melakukan scanning secara berkala. Jika gak digunakan mendingan dimatiin.

  • Meminimalisir Penggunaan Widget

Widget di Android emang fungsional, gak cuman buat shortcut untuk aplikasi-aplikasi penting tapi juga sering digunakan untuk mempercantik tampilan Android Juga. Tapi jika Androidmu memiliki RAM yang gak terlalu mumpuni, akan lebih baik kalau penggunaanya diminimalisir seperlunya saja, karena widget ini cukup memakan RAM.

  • Mematikan Aplikasi yang Tidak Digunakan

Salah satu kelemahan android adalah ketika kita berhenti menggunakan aplikasi, sebenernya aplikasi masih berjalan pada background alias belum sepenuhnya mati. Mematikan aplikasi ini akan sangat membantu meningkatkan kinerja RAM. Jika kamu pengguna ICS kamu tinggal tahan agak lama home kemudian akan muncul task manager. Atau cara lain kamu bisa cari aplikasi task manager untuk android, banyak kok.

  • Uninstall Aplikasi Gak penting

Kalau kamu sering coba-coba aplikasi, ada baiknya secara berkala kamu menuninstallnya jika emang aplikasi itu gak digunakan. Sayangnya banyak aplikasi-aplikasi di Android yang sering berjalan pada background, hal ini secara tidak kita sadari ikut berpengaruh pula dalam penggunaan RAM. Oleh karena itu ada baiknya kalau secara berkala kamu audit lagi aplikasi-aplikasimu tersebut. Lagian udah banyak juga kan aplikasi buat uninstall aplikasi secara massal.

  • Menggunakan RAM Manager atau Ram Booster

Trik ini khusus untuk Android yang udah di Root. Akses super user bisa menggunakan cara mudah dan cepat dengan kedua aplikasi ini. Dengan berbagai pengaturan kedua aplikasi ini merupakan aplikasi yang cukup powerfull.

sumber : http://www.aplikanologi.com
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Gadget / OS / TKJ dengan judul Mengoptimalkan Penggunaan RAM Pada Android. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://tiada-batas.blogspot.com/2014/05/mengoptimalkan-penggunaan-ram-pada.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Mtaqie - Monday 26 May 2014
0 Comments

Belum ada komentar untuk "Mengoptimalkan Penggunaan RAM Pada Android"

Post a Comment

Proudly powered by : Blogger
Copyright © 2011. "Tiada-Batas" - All Rights Reserved