Sekilas tentang Bluetooth


 Anda pasti sudah tau kan apa itu bluetooth yang sering kita gunakan biasanya terdpat di telephon genggam. Nah, untuk mengetahui lebih dalam tentang bluetooth yukk mari kita pelajari postingan di
bawah ini,...............

Apa itu bluetooth ??

      Bluetooth adalah perangkat teknologi komunikasi data tanpa kabel(wireless), yang berfungsi sebagai media tukar-menukar data antara beberapa perangkat elektronik, seperti mobile PC, mobile phone, PDA (personal digital assistant), dsb. Bluetooth beroperasi dalam pita frekuensi 2,4 GHz
dengan kecepatan transfer data yang ditawarkan tidak kurang dari 1Mb/s.
Radius transfer data menggunakan teknologi bluetooth tidak lebih dari 10 meter.Bluetooth mudah digunakan dan memerlukan asupan daya yang relatif rendah.


       Sejarah Bluetooth
    Pembentukan bluetooth dipromotori oleh 5 perusahaan telekomunikasi besar, yaitu EricssonIBM, Intel, Nokia, dan Toshiba. Mereka membentuk Special interest Group (SIG) yang meluncurkan proyek ini. Pada juli 1999, dokumen spesifikasi bluetooth versi 1.0 mulai diluncurkan. Pada desember 1999, dimulai lagi pembuatan dokumen spesifikasi bluetooth versi 2.0 bahkansekarang sudah muncul bluetoot versi 4.0 dengan tambahan 4 promotor baru, yaitu 3Com, Lucent Technologies, Microsoft, danMotorola.
Saat ini, lebih dari 1800 perusahaan di berbagai bidang bergabung dalam sebuah konsorsium yang mengadopsi teknologi bluetooth. Walaupun standar Bluetooth SIG saat ini dimiliki oleh grup promotor , tetapi diharapkan akan menjadi sebuah standar dunia.


       Asal Nama Bluetooth
     Nama bluetooth berasal dari nama raja pada akhir abad kesepuluh, Harald Blatand. Di Inggris, ia dijuluki Harald Bluetooth karena memang giginya berwarna gelap. Ia adalah raja Denmark yang telah berhasil menyatukan suku-suku yang sebelumnya berperang, termasuk suku dari wilayah yang sekarang bernama Norwegia dan Swedia. Bahkan wilayah Scania di Swedia, tempat teknologi bluetooth ini ditemukan, juga termasuk daerah kekuasaanya. Kemampuan Raja Harald sebagai pemersatu juga mirip dengan teknologi bluetooth sekarang yang bisa menghubungkan berbagai peralatan, seperti komputer pribadi (PC) dan telepon genggam.

       Cara Kerja Bluetooth
     Bluetooth menggunakan sebuah kombinasi antara circuit switching dengan packet switching.
Bluetooth dapat mendukung sebuah kanal data asinkron, tiga kanal suara sinkron simultan atau sebuah kanal yang secara bersamaan mendukung layanan data asinkron dan suara sinkron. Setiap kanal suara mendukung sebuah kanal suara sinkron 64 kb/s. Kanal asinkron dapat mendukung kecepatan maksimal 723,2 kb/s asimetris, untuk arah sebaliknya dapat mendukung sampai dengan kecepatan 57,6 kb/s. Adapun untuk mode simetris, dapat mendukung sampai dengan kecepatan 433,9 kb/s.


        Cara Installasi Bluetooth
    Proses instalasi bluetooth tergolong mudah. Anda tinggal menancapkan modul bluetooth ke port USB. Umumnya, OS Windows XP SP2 atau W7 keatas akan langsung mengenali dan menginstall driver internal bawaan Windows OS dan Anda tidak perlu mengatur konfiguurasi alat tersebut. Dengan demikian, bluetooth dapat langsung digunakan.
Walaupun demikian, jika modul bluetooth memiliki CD bawaan, Anda dapat menginstallnya seperti biasa dan tinggal mengikuti langkah yang muncul di layar.

Demikian postingan saya tentang bluetooth,........Semoga bermanfaat !!!   
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori TKJ dengan judul Sekilas tentang Bluetooth. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://tiada-batas.blogspot.com/2012/12/sekilas-tentang-bluetooth.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Mtaqie - Friday 14 December 2012
0 Comments

Belum ada komentar untuk "Sekilas tentang Bluetooth"

Post a Comment

Proudly powered by : Blogger
Copyright © 2011. "Tiada-Batas" - All Rights Reserved